08.32
0

Seni adalah penjelmaan rasa indah yang terkandung dalam jiwa manusia. Seni lahir melalui perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh indera pendengaran (seni suara), maupun indra penglihatan (seni lukis) atau gerak (seni tari, drama, dll). Sedangkan budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh suatu kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi, termasuk sistem kehidupan beragama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan dan karya seni.

Jama'ah Sholawat Al-Madah Ledug mengemas Seni Budaya Islami ini dalam bentuk Musik AL-banjari, Swararinggit mewawancarai Pimpinan Jama;ahnya Ustadz M. Thoriq mengatakan diselah kesibukannya dalam persiapan Panggungnya pada acara salah satu Customernya yang kebetulan punya hajatan Temu Manten, beliau mengatakan music Al-banjari ini kami kemas menjadi sedikit kontemporer untuk memenuhi permintaan Customer. tetapi tidak meninggalkan ciri khasnya sebagai  ’’khazanah  budaya tradisional Islami’’ dan dapat dijadikan sebagai sarana dakwah dalam rangka melakukan transformasi nilai-nilai dan ajaran Islam yang terkandung dalam al-Quran, serta untuk membentuk generasi bangsa yang berakhlak mulia.

Melalui berbagai lantunan dan pementasan seni budayanya Al-Madah Ledug tidak mengecewakan dan terdengar sangat indah, wajar jika Permintaannya semakin banyak dan sudah melanglang buana di seluruh Kabupaten Pasuruan dan bahkan ke Luar daerah Pasuruan termasuk mojokerto, Malang, dan juga lainnya

Ustadsz M. Thoriq juga menegaskan bahwa Revitalisasi Seni Budaya Tradisional Islami Seiring dengan perkembangan era globalisasi yang terjadi saat ini, ditandai dengan begitu derasnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK), begitu juga dengan berbagai macam jenis seni dan budaya asing yang masuk ke Indonesia telah mempengaruhi berbagai prilaku pola pikir masyarakat. Fenomena degradasi moral dan ahlak telah melanda generasi muda bangsa.

Fenomena tersebut perlu dilakukan intervensi untuk meminimalisir dampak dengan menanamkan berbagai nilai-nilai agama melalui pendekatan seni dan budaya Islam. Berbagai langkah dapat dilakukan melalui berbagai pendekatan seni budaya, antara lain program “Revitalisasi Seni Budaya Tradisional Islami”. Tujuan utama langkah tersebut adalah untuk menghidupkan kembali nilai-nilai seni budaya tradisional Islami di tengah-tengah masyarakat muslim yang telah digerus oleh budaya pop.

Jika ingin mengundang Jama'ah Sholawat Al-Madah Ledug, anda bias langsung berhubungan dengan Ustadz M. Thoriq No. HP. 081357706441 atau bias berhubungan dengan Redaksi swararinggit. Roikhan Wirda 082131922724 email Roikhanw@ymail.com

0 komentar:

Posting Komentar